Analisis Pengaruh dari Clearance Sale Terhadap Intention of Buying dengan Loyalty dan Satisfaction Sebagai Variabel Intervening

Sumarni, Sumarni (2008) Analisis Pengaruh dari Clearance Sale Terhadap Intention of Buying dengan Loyalty dan Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Sumarni_0441074.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Era globalisasi saat ini, persaingan diantara perusahaan ritel semakin ketat. Munculnya berbagai usaha di bidang ritel di Indonesia tidaklah menjadi suatu hal yang aneh lagi dalam masyarakat Indonesia. Maka, setiap perusahaan ritel harus memiliki nilai lebih untuk dapat berkompetisi dengan ritel yang lain. Tidak hanya harga saja, tetapi cara promosi yang dipilih juga merupakan faktor yang termasuk penting dalam bersaing. Perusahaan harus dapat memilih jenis promosi yang akan dilakukan. Salah satu promosi yang sering dilakukan oleh perusahaan ritel adalah dengan melakukan clearance sale, yang diharapkan dapat mempengaruhi satisfaction dan loyalty dari konsumen, yang mana nantinya menentukan intention of buying konsumen. Banyaknya perusahaan ritel yang melakukan clearance sale membuat Penulis melakukan penelitian ini, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara clearance sale terhadap intention of buying dengan loyalty dan satisfaction sebagai variabel intervening. Penelitian ini menguji pengaruh clearance sale terhadap intention of buying dengan menggunakan pemilihan sampel non probabilitas atau secara tidak acak, dan jenisnya adalah pemilihan sampel yang berdasarkan pertimbangan (judgement sampling) yang merupakan bagian dari pemilihan sampel tujuan (purposive sampling). Memakai metode analisis regresi dengan menggunakan metode survei. Peneliti membagikan 80 kuisioner kepada konsumen yang pernah berbelanja dalam clearance sale, dan yang layak digunakan adalah sebanyak 60 eksemplar untuk diolah. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh negatif dari variabel clearance sale terhadap loyalitas konsumen dan kepuasan konsumen. Selain itu variabel loyalty juga berpengaruh negatif terhadap intention of buying. Sedangkan yang berpengaruh positif terhadap intention of buying adalah variabel satisfaction. Kata kunci : Clearance sale, Intention of buying, Loyalty, Satisfaction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 26 Jun 2024 07:43
Last Modified: 26 Jun 2024 07:43
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5948

Actions (login required)

View Item View Item