Analisis Hubungan Individual Characteristics and Marketing Outcomes Terhadap Consumer Unethical Behavior

Suhardi, Suhardi (2007) Analisis Hubungan Individual Characteristics and Marketing Outcomes Terhadap Consumer Unethical Behavior. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Suhardi_0341012.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Etika merupakan suatu prinsip moral dan standar yang memberikan petunjuk kepada perilaku seseorang atau kelompok didalam menseleksi, membeli, memakai, dan menjual suatu produk atau jasa. Etika yang baik dari seorang pelanggan akan sangat dihargai oleh penjual. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana suatu hasil dari hubungan individual characteristis and relationship marketing outcomes bisa mempengaruhi perilaku konsumen menghasilkan suatu pengaruh dari pelanggan (age, gender & affective commitment) sehingga pelanggan tersebut akan bertingkah laku etika kepada penjual tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 150 responden dari 4 supermarket di Batam. Supermarket tersebut adalah Diamond supermarket, Top 100 supermarket, Hypermart, dan JC supermarket. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi sederhana dan two way Anova. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara convenience sampling. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa variabel age, gender and affective commitment berpengaruh positif terhadap variabel unethical behavior. Jadi dapat disimpulkan bahwa age, gender and affective commitment merupakan faktor yang penting bagi para ritel untuk memprediksi perilaku konsumennya agar konsumen merasa nyaman pada saat berbelanja. Kata Kunci: Individual characteristis, Relationship marketing outcomes, Age, Gender, Affective commitment, and Consumer unethical behavior.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 26 Jun 2024 07:26
Last Modified: 26 Jun 2024 07:26
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5947

Actions (login required)

View Item View Item