Language Test Anxiety Between Gender and Proficiency Among Foreign Language Learners at Batam International University

Fibiyani, Fibiyani (2023) Language Test Anxiety Between Gender and Proficiency Among Foreign Language Learners at Batam International University. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1961004_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji tingkat kecemasan peserta didik dalam menghadapi tes bahasa Inggris di Universitas Internasional Batam, dengan mempertimbangkan jenis kelamin dan kemahiran peserta didik. Penelitian ini ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan dalam tingkat kecemasan ujian antara jenis kelamin peserta didik dan skor kemahiran, serta mencari interaksi antara kedua variabel tersebut terhadap kecemasan ujian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian survei. 100 peserta didik (59 perempuan dan 41 laki-laki) menjadi responden dari penelitian ini. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Untuk menguji perbedaan dan interaksi yang signifikan antara jenis kelamin peserta didik dan kemahiran dalam kecemasan ujian, digunakan Two Way Anova sebagai alat pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajar di Universitas Internasional Batam mengalami dan menghadapi kecemasan ujian sedang. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam tingkat kecemasan ujian antara peserta didik laki-laki dan perempuan, dimana peserta didik perempuan melaporkan tingkat kecemasan ujian yang lebih tinggi (53,19) dibandingkan dengan peserta didik laki-laki (43,61). Namun, tidak ada perbedaan signifikan dalam tingkat kecemasan ujian di antara peserta didik kemahiran. Selain itu, tidak ditemukan interaksi yang signifikan antara jenis kelamin dan kemahiran dalam mempengaruhi tingkat kecemasan ujian di antara peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membangun penelitian yang lebih kuat tentang pengaruh jenis kelamin dan kemahiran terhadap kecemasan ujian, serta bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja tes bahasa Inggris peserta didik. Kata Kunci: Kecemasan Ujian, Jenis Kelamin, Kecakapan Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Ujian, Jenis Kelamin, Kecakapan Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: School of Education > English Education
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 25 Jun 2024 05:54
Last Modified: 25 Jun 2024 05:54
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5931

Actions (login required)

View Item View Item