Analisis Price Value, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Rating & Review Terhadap Minat Belanja Online dengan Mediasi Trust

Young, Hepi Duchovny (2023) Analisis Price Value, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Rating & Review Terhadap Minat Belanja Online dengan Mediasi Trust. Master thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
2144022_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung maupun tidak langsung dari hubungan antar variabel price value, perceived usefulness, perceived ease of use, rating & review dengan menggunakan mediasi trust terhadap minat belanja online. Didalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pendekatan kausal komparatif dan kuantitatif. Strategi analisis untuk menentukan sample adalah dengan pengujian hipotesis antar variabel melalui metode PLS_SEM (Smart_PLS 3.0), sedangkan ukuran sample yang digunakan adalah 318 responden yang dihimpun dari konsumen pengguna e-commerce yang mengetahui marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli dan berminat belanja online. Instrumen pengambilan data informasi adalah melalui kuesioner google form. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan price value tidak ada pengaruh langsung yang significant terhadap trust, begitu pula price value dengan mediasi trust juga tidak berpengaruh terhadap minat belanja online. Sedangkan price value, perceived usefulness, perceived ease of use, rating & review maupun trust menunjukkan adanya pengaruh yang significant terhadap minat belanja online, sedangkan hubungan tidak langsung perceived usefulness, perceived ease of use, rating & review, juga berpengaruh significant terhadap minat belanja online dengan mediasi trust. Keterbatasan dalam penelitian ini, seperti durasi pengumpulan sample yang cukup singkat, data sample mayoritas dari responden kota Batam, kemudian variabel independen terbatas pada price value, perceived usefulness, perceived ease of use, rating & review dan trust sebagai mediasi terhadap minat belanja online, selanjutnya proses pengumpulan data sample hanya menggunakan kuesioner google form saja. Kata kunci: price value, perceived usefulness, perceived ease of use, rating & review, trust, purchase intention

Item Type: Thesis (Master)
Uncontrolled Keywords: price value, perceived usefulness, perceived ease of use, rating & review, trust, purchase intention
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:58
Last Modified: 25 Jun 2024 04:58
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5926

Actions (login required)

View Item View Item