Pengaruh Kepuasan, Reputasi dan Konflik Terhadap Komitmen dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening

Mardianto, Mardianto (2008) Pengaruh Kepuasan, Reputasi dan Konflik Terhadap Komitmen dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Mardianto_0241002.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Di era yang sangat mengandalkan kemampuan dalam menghadapi persaingan ini setiap perusahaan harus bisa membentuk suatu pola pemasaran yang bisa menimbulkan sensifitas yang tinggi bagi konsumen. Perusahaan diharapkan bisa mewujukan komitmen yang dimiliki untuk mempertahankan konsumen Dalam penelitian ini memfokuskan pengaruh elemen dari Social Exchange Theory terhadap komitmen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepuasan, reputasi dan konflik terhadap komitmen dengan kepercayaan sebagai variabel intervening dan memilih sampel nonprobabilitas dengan Convenience Sampling terhadap toko-toko di Batam yang bergerak dibidang retail oli pelunas untuk kendaraan bermotor. Data yang disebarkan sebanyak 120 eksemplar dengan pengembalian sebanyak 120 eksemplar atau 100%, tetapi dari jumlah 120 eksemplar ternyata hanya 116 responden yang layak untuk diolah datanya karena ada 4 responden yang tidak lengkap dalam memberikan opini terhadap kuesioner dan tidak logis data yang diisi, data-data tersebut kemudian diolah melalui Analisis Regresi Sederhana maupun Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan, reputasi dan konflik berpengaruh terhadap kepercayaan, kepercayaan merupakan variabel intervening dalam hubungan antara kepuasan dan reputasi terhadap komitmen, kepercayaan bukan merupakan variabel intervening dalam hubungan antara konflik terhadap komitmen, serta kepercayaan berpengaruh terhadap komitmen. Kata kunci : Kepuasan, Reputasi, Konflik, Kepercayaan, Komitmen, Convenience sampling, Regresi sederhana, Regresi berganda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 21 Jun 2024 11:09
Last Modified: 21 Jun 2024 11:09
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5921

Actions (login required)

View Item View Item