Membangun Kepuasan & Loyalitas Konsumen terhadap Bisnis Retail “Toko Mitra Serba Ada” di Kota Batam

Tio, Sandy (2023) Membangun Kepuasan & Loyalitas Konsumen terhadap Bisnis Retail “Toko Mitra Serba Ada” di Kota Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1941344_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Bisnis retail merupakan bisnis yang sangat menarik, seiring dengan naiknya keperluan konsumen. Oleh sebab itu, semakin banyak pelaku usaha yang mulai meningkatkan strategi penjualannya. Melalui industri retail, suatu produk dapat sampai langsung ke tangan pengguna. Industri retail dapat diartikan semacam industri yang menyediakan produk dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan individu, keluarga, himpunan, atau konsumen akhir. Barang yang ditawarkan mayoritas adalah barang alat rumah tangga dan bahan pangan. Dalam penelitian ini saya meneliti tentang Toko Mitra Serba Ada. Toko Mitra Serba Ada beralamat di Ruko Mitra Centre Blok. B no. 3,4,5 Batu Aji. Saat ini semakin banyak pelaku usaha yang membuka usaha Toko Serba Ada di Kota Batam khususnya di wilayah Batu Aji. Dengan banyaknya Toko Serba Ada/Bisnis Retail yang ada di Kota Batam menandakan bahwa tingkat kebutuhan masyarakat di Kota Batam sangatlah besar yang menyebabkan banyak pelaku usaha yang memulai usaha tersebut. dengan semakin banyaknya pesaing yang muncul saat ini, menuntut pemilik bisnis retail harus mampu beradaptasi pada pergantian yang terjadi di dalam pasar dan dengan cepat beradaptasi sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan pasar. Perubahan yang dilakukan juga harus mengikuti kemajuan zaman, yaitu dimana saat ini platform digital mulai digunakan oleh para pelaku-pelaku usaha untuk memasarkan dan menjual produk atau jasanya. Kemudian saat ini, toko tidak hanya sebatas menjual barang kepada konsumen tetapi juga harus dapat membangun loyalitas dengan konsumen. Konsumen yang loyal akan melakukan pembelian terhadap merek tersebut meskipun diberikan banyak pilihan merek produk pesaing yang memiliki produk lebih baik. Membuat citra toko yang baik memiliki dampak langsung terhadap loyalitas konsumen. Toko juga harus memiliki produk yang beragam, sebab hal tersebut merupakan salah satu faktor yang harus diamati oleh para pelaku usaha. Keanekaragaman produk dapat menarik konsumen untuk datang dan berbelanja. Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, berbagai media di platform digital digunakan sebagai media untuk berjualan dan memasarkan produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menentukan kepuasan konsumen di Toko Mitra Serba Ada. Pada penelitian ini saya menggunakan pendekatan kualitatif, kemudian rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk narasumber wawancara menggunakan narasumber atau konsumen yang baru pertama kali berbelanja dan sudah lebih dari sekali berbelanja di Toko Mitra Serba Ada. Dengan begitu kita dapat melihat bagaimana fenomena di lapangan dan sudut pandang dari dua jenis konsumen yang berbelanja. Kata Kunci: Bisnis Retail, Loyalitas Konsumen, Keragaman Produk, Citra Toko, Fenomena, Sudut Pandang Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bisnis Retail, Loyalitas Konsumen, Keragaman Produk, Citra Toko, Fenomena, Sudut Pandang Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:29
Last Modified: 21 Mar 2024 05:29
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5772

Actions (login required)

View Item View Item