Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Langganan Platform Streaming Musik pada Masyarakat Milenial dan Gen-Z di Kota Batam Melalui Mediasi Kepercayaan

Scorpianti, Ervi (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Langganan Platform Streaming Musik pada Masyarakat Milenial dan Gen-Z di Kota Batam Melalui Mediasi Kepercayaan. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1941002_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan transformasi besar dalam sarana komunikasi antara pengguna dan perusahaan. Demikian pula industri musik juga mengalami inovasi teknologi, dimana semakin banyak konsumen yang berlangganan layanan streaming musik online, baik yang berbayar maupun yang gratis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh usefulness, entertainment, interaction, enjoyment dan familiarity terhadap niat beli langganan platform streaming musik pada komunitas milenial dan gen-z di Kota Batam melalui mediasi kepercayaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan data dari 348 responden dikumpulkan melalui kuesioner dan diolah melalui program Partial Least Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa familiarity dan interaction berpengaruh signifikan terhadap niat beli melalui mediasi kepercayaan. Keterbatasan penelitian ini hanya diuji pada komunitas milenial dan gen-Z dan survei dilakukan hanya melalui google form. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas cakupan penelitian dan tidak hanya fokus pada satu generasi atau wilayah. Kata Kunci : Purchase Intention, Familiarity, Trust, Interaction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Purchase Intention, Familiarity, Trust, Interaction.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:51
Last Modified: 21 Mar 2024 04:51
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5769

Actions (login required)

View Item View Item