Analisis Komparatif Perbedaan Perilaku Loyalitas Konsumen Frekuensi Tinggi dan Frekuensi Rendah pada Tamiya Carwash Batam

Welly, Welly (2005) Analisis Komparatif Perbedaan Perilaku Loyalitas Konsumen Frekuensi Tinggi dan Frekuensi Rendah pada Tamiya Carwash Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Welly_0041012.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penulis menemukan pentingnya loyalitas konsumen yang dapat mempengaruhi retensi penggunaannya terhadap suatu layanan jasa. Berdasarkan frekuensi penggunaannya pada suatu jenis layanan, terdapat dua jenis konsumen dalam industri jasa, yakni konsumen yang frekuensi tinggi dan frekuensi rendah. Loyalitas dapat diukur dengan menggunakan lima dimensi sikap berperilaku konsumen. Oleh karena itu dalam penulisan skripsi ini penulis menganjurkan kelebihan penerapan sikap berperilaku konsumen dalam penyampaian loyalitas konsumen jasa pencucian mobil dan mempersembahkan analisis komparasi perilaku kedua jenis konsumen secara terperinci yang diambil dari hasil penelitian pada salah satu jasa pencucian mobil di Batam. Adapun penelitian ini digunakan untuk menilai perilaku loyalitas konsumen pada jasa pencucian mobil. Metode analisis One Way ANOVA digunakan untuk menguji perbedaan perilaku loyalitas konsumen frekuensi tinggi dan rendah. Yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah konsumen dengan jumlah responden 89 orang. Dari hasil analisis ditemukan tidak adanya perbedaan perilaku konsumen frekuensi tinggi dan rendah. Konsumen memiliki loyalitas yang cukup tinggi terhadap jasa pencucian mobil dan bersediah membayar lebih untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik. Akan tetapi konsumen akan mudah pindah ke pesaing yang lain apabila pesaing menawarkan fasilitas yang lebih baik. Dan konsumen pada industri ini masih enggan untuk memberikan respon tentang keluhan layanan kepada orang lain ataupun karyawan perusahaan. Kata Kunci: loyalitas, perilaku, konsumen, komsumen frekuensi tinggi, konsumen frekuensi rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 20 Mar 2024 10:23
Last Modified: 20 Mar 2024 10:23
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5767

Actions (login required)

View Item View Item