Analisis Perbandingan Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Enam Kafe di Kota Batam

Fransiska, Winnie (2023) Analisis Perbandingan Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Enam Kafe di Kota Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1946040_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Laporan International Coffe Oranization (ICO), Indonesia mengalami tren peningkatan dalam mengkonsumsi kopi selama lima tahun terakhir. Batam menjadi salah satu tempat pesatnya tren mengkonsumsi kopi. Terdapat 6 kafe konvensional yang ramai di kunjungi di Kota Batam yaitu Starbucks, Roempi, Kopi Kenangan, Excelso, Fore dan Janji Jiwa. Berbagai merek kedai kopi yang terus bermunculan kemudian menimbulkan tingginya tingkat persaingan di antara kedai kopi. Dengan demikian masing-masing brand dituntut untuk memiliki keunggulan kompetitif. Hal ini mengharuskan keenam kafe tersebut berkompetisi meningkatkan daya tarik untuk memikat calon konsumen dengan berbagai tawaran. Usaha dilakukan dengan meningkatkan citra merek, kualitas pelayanan, dan kualitas produk. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah ketiga variable tersebut dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas pelayanan, kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan menggunakan persamaan regresi linier berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Sampel penelitian ini adalah 401 orang yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Hasilnya, menunjukkan bahwa pada enam kafe di Kota Batam citra merek dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, namun variabel kualitas produk dan desain produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Dalam studi ini, digabungkan variasi variabel yang lebih luas daripada studi sebelumnya dengan harapan hasil yang lebih signifikan. Kata Kunci : Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Desain Produk, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Desain Produk, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: School of Economic and Business > Tourism
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:53
Last Modified: 20 Mar 2024 03:53
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5764

Actions (login required)

View Item View Item