Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention pada Produk Makanan Korea di Kota Batam

Khosasih, Peter (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention pada Produk Makanan Korea di Kota Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1941190_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Korean wave telah mempengaruhi perilaku konsumen di Indonesia dalam segi gaya hidup serta makanan. Munculnya makanan Korea di Indonesia semakin meningkat terlebih disaat pandemi. Seiring berjalannya waktu makanan Korea semakin populer, hal ini menjadi sebuah peluang bagi para pelaku usaha dalam negeri dengan memproduksi makanan Korea. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh dari country of origin, Korean food image, reputation, familiarity dan attitude terhadap purchase intention. Dalam melaksanakan penelitian ini, digunakan penelitian kuantitatif dimana terdapat 374 orang yang berpatisipasi dalam pengisian kuisioner, responden tersebut merupakan orang yang pernah melakukan pembelian terhadap produk makanan Korea. Metode analisis data yang menggunakan aplikasi software smartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan diantara variabel country of origin, Korean food image dan attitude terhadap purchase inteniton, namun variabel reputation dan familiarity tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap purchase intention. Penyebaran kuisioner tersebut dilakukan secara digital melalui media sosial instagram, whatsapp, line dan facebook yang bertujuan untuk mengetahui ketertarikan dan perilaku konsumen terhadap produk makanan Korea melalui skala likert. Berdasarkan hasil uji data yang diperoleh ditemukan bahwa variabel independen country of origin dan korean food image berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen purchase intention dengan mediasi variabel attitude. Namun untuk variabel independen reputation dan familiarity tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen purchase intention meski sudah dimediasi oleh variabel attitude tetapi dari hasil uji data tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Kata Kunci : Korean Wave, Korean Food Image, Purchase Intention, Country of Origin, Familiarity, Reputation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Korean Wave, Korean Food Image, Purchase Intention, Country of Origin, Familiarity, Reputation
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > Business
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 19 Mar 2024 08:14
Last Modified: 19 Mar 2024 08:14
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5756

Actions (login required)

View Item View Item