Analisis Mengenai Persepsi Harapan dan Persepsi Kualitas Mempengaruhi Persepsi Nilai Terhadap Pengguna Jasa Layanan Operator Telepon Seluler di Batam

Suryandari, Deri (2011) Analisis Mengenai Persepsi Harapan dan Persepsi Kualitas Mempengaruhi Persepsi Nilai Terhadap Pengguna Jasa Layanan Operator Telepon Seluler di Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Dedi Suryandari_0431016.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sejak ditemukannya ponsel hingga saat ini, kebanyakan kalangan bisnis maupun individu telah melibatkan diri dalam penggunaan layanan jasa telepon seluler, penggunaan alat komunikasi ini menghasilkan banyak keuntungan bagi para penggunanya, seperti: produktifitas kerja, perbisnisan, pengaksesan informasi, dan lainnya. Fasilitas komunikasi sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap kalangan. Perkembangan komunikasi juga tak luput dari kemajuan dan semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan komunikasi. Saat ini sangat banyak kita jumpai perusahaan telekomunikasi yang menawarkan fasilitas fasilitas yang cukup menggiurkan, seperti contohnya saja tarif nelpon murah, paket sms-an murah, paket internet-an murah. Terutama pada layanan jaringan GSM yang paling banyak diminati oleh para pengguna telpon seluler, selain karna semakin familiarnya penggunaan handphone, hal ini juga dipicu karena semakin menguntungkan fasilitas fitur yang di tawarkan oleh pihak layanan jasa operator selular. Industri telekomunikasi seluler yang menggunakan teknologi GSM (Global System for Mobile Communication) merupakan salah satu sektor industri yang mengalami pertumbuhan jumlah konsumen yang sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pengguna telepon seluler yang terus meningkat dari waktu ke waktu serta beragamnya produk kartu seluler yang ditawarkan. Hal ini membuat para operator seluler harus cermat dalam mengevaluasi pelanggannya agar dapat terus mempertahankan pelanggan eksisting dan menarik pelanggan baru. Pendekatan terbaik yang dilakukan oleh pihak penyedia layanan jasa operator seluler untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan memberikan sebuah harapan yang terbaik dari kepuasan layanan, dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada para pengguna layanan jasa, yang akan menghasilkan pelanggan yang loyal akan sebuat produk. Tantangan dari permasalahn ini bagaimana caranya agar pengguna jasa layanan agar tetap bertahan dalam menggunakan produk layanan jasa tersebut. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model American Customer Satisfaction Index (ACSI) Populasi dalam penelitian ini adalah warga Batam yang menggunakan telepon seluler. Pengambilan sample dari penelitian ini adalah remaja dan orang dewasa yang menggunakan telepon seluler di kota Batam. Metode pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner ke 5 kecamatan yang mewakili di kota Batam, yaitu Sekupang 30 kuisioner, Lubuk Baja 30 kuisioner, bengkong 30 kuisioner, Sagulung 30 kuisioner, Batu Aji 30 kuisioner. Dengan jumlah Keseluruhan 150 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived Expectations, dan Perceived Quality memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Perceived Value terhadap layanan jasa telepon selular yang ada di Batam. Kata Kunci : perceived Expectations, Perceived Quality, dan Perceived Value.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > Information technology
Divisions: School of Computer Science > Information System
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:48
Last Modified: 15 Mar 2024 03:48
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5609

Actions (login required)

View Item View Item