Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Penggunaan Transaksi Ticketing Online di Batam

Santoso, Budi (2009) Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Penggunaan Transaksi Ticketing Online di Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Budi Santoso_0531038.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

E-commerce telah menjadi bagian penting dari bisnis. Jadi, untuk mendapatkan pelanggan setia telah menjadi keprihatinan meningkat. Dalam studi ini, penulis mengadopsi model penelitian Yoo, Lee, dan Hoffman (2008) dalam meneliti faktor kepercayaan yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen, dimana ketiga faktor kepercayaan tersebut, yaitu calculus-based trust, knowledge based trust, dan identification-based trust, untuk menyelidiki hubungan hirarkis dalam e-commerce dan berdampak pada kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh faktor kepercayaan terhadap loyalitas konsumen pada penggunaan transaksi ticketing online di Batam. Sampel penelitian ini adalah para pengguna ticketing online di Batam dengan penggumpulan data kuesioner sebanyak 200 lembar yang kemudian dilakukan pengujian selanjutnya. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi sederhana dan regresi berganda dengan menggunakan Statistical Program for the Social Sciences (SPSS) versi 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa calculus-based trust, dan identification-based trust memiliki pengaruh terhadap kepuasan, dan kepuasan memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen. Namun, knowledge-based trust tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan. Hasil penelitian menyatakan bahwa loyalitas konsumen pengguna ticketing online juga dapat langsung dipengaruhi oleh identification-based trust. Selain itu, penelitian ini membuktikan bahwa calculus-based trust mempengaruhi knowledge-based trust dan knowledge-based trust mempengaruhi identification-based trust. Kata kunci: Calculus-Based Trust, Knowledge-Based Trust, Identification-Based Trust, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > Information technology
Divisions: School of Computer Science > Information System
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:48
Last Modified: 15 Mar 2024 02:48
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5603

Actions (login required)

View Item View Item