Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Pegawai Pelayananan Publik Kota Batam

Utami, Melgie Riyan (2022) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Pegawai Pelayananan Publik Kota Batam. Master thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
2044030_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dampak pemasaran internal terhadap kepuasan kerja pegawai. Variabel independen adalah faktor pemasaran internal yang diwakili oleh variabel-variabel berikut yaitu motivasi, pemberdayaan pegawai, komunikasi &pelatihan dan pengembangan. Varial dependen diwakili oleh kepuasan kerja pegawai. Target populasi penelitian ini adalah pegawai (aparatur sipil-negara tenaga kontrak dilingkungan pemerintah Kota Batam. Sampel acak dipilih dari populasi ini yang ditentukan menggunakan rumus slovin. Kuesioner didistribusikan kepada sampel sebanyak 500 pelayan publik di Batam. Setelah seluruh data terkumpul, lalu dilakukan berbagai uji statistik termasuk didalamnya statistik deskriptif, korelasi dan regresi dengan menggunakan SPSS (statistical package for social science) versi 23. Berdasarkan hasil dari analisis statistik didapatkan bahwa motivasi memiliki dampak tertinggi terhadap kepuasan kerja pegawai yang diikuti dengan komunikasi, pelatihan &pengembangan, dan pemberdayaan. Dengan begitu, terdapat pengaruh terhadap praktik pemasaran internal terhadap kepuasan kerja pegawai. Berdasarkan hasil statistik di atas, dan diikuti dengan permasalahan krisis ekonomi di kota Batam sebagai efek dari pandemic Covid-19, dan dengan mempertimbangkan bahwa kekuatan sumber daya manusia (SDM) adalah sumber daya terbesar di Batam, para pengambil keputusan dan manajer juga harus memberikan motivasi dan perhatian yang penuh dalam mengelola pegawai mereka untuk menjadi aset yang paling dapat diandalkan dan permanen. Kata kunci: pemasaran internal (motivasi, pemberdayaan pegawai, komunikasi, pelatihan dan pengembangan), kepuasan kerja pegawai, pelayan publik.

Item Type: Thesis (Master)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: School of Economic and Business > Master of Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:58
Last Modified: 12 Apr 2023 05:07
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5149

Actions (login required)

View Item View Item