Pengaruh Media Sosial, Fasilitas Belajar dan Bimbingan yang Tepat terhadap Kinerja Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Batam

Sariningsih, Dyah (2022) Pengaruh Media Sosial, Fasilitas Belajar dan Bimbingan yang Tepat terhadap Kinerja Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Batam. Master thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
2044047_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Kinerja akademik merupakan demonstrasi nyata dari pemahaman, konsep, keterampilan, ide dan pengetahuan seseorang yang tergambar dari nilai akademik yang diperoleh. Kinerja akademik memiliki peran yang cukup penting untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kualitas handal yang nantinya akan meneruskan estafet kepemimpinan bangsa dan menjadi sumber daya manusia yang handal untuk negara sebagai tanggung jawab atas pembangunan sosial dan ekonomi bagi negara. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sosial, fasilitas belajar dan bimbingan yang tepat terhadap kinerka akademik siswa SMA Negeri di Kota Batam. Pendekatan kuantitatif diadaptasi untuk mengumpulkan data penelitian yang relevan. Sebanyak 691 kuesioner disebar menggunakan Google form dan dibagikan kepada siswa SMA Negeri diduabelas kecamatan di Kota Batam. Kemudian penggunaan perangkat lunak SPSS diterapkan untuk menganalisis data yang relevan dengan penelitian. Kesimpulan hasil penelitian adalah faktor media sosial fasilitas belajar dan bimbingan yang tepat memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja akademik siswa. Penggunaan media sosial oleh para siswa SMA Negeri di Batam dari hasil penelitian juga memberikan pengaruh positif diantaranya dalam proses belajar. Media sosial membuat komunikasi lebih efektif, dapat memperlancar diskusi kelompok baik dengan guru maupun teman, dapat membantu siswa terkait dengan informasi dari guru, dapat digunakan sebagai media diskusi tugas dengan teman serta media sosial dapat meningkatkan interaksi antara teman sekelas, pelajaran serta para wali kelas. Fasilitas belajar merujuk data dari para responden siswa SMA Negeri se-Kota Batam memiliki hubungan postif dan berpengaruh signifikan dengan kinerja akademik siswa. Selanjutnya semakin tinggi bimbingan yang tepat bagi siswa dalam proses belajar mengajar akan memberikan pengaruh signifikan dengan peningkatan prestasi belajar siswa Kata Kunci : media sosial, fasilitas belajar, bimbingan yang tepat, kinerja akademik

Item Type: Thesis (Master)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: School of Economic and Business > Master of Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:33
Last Modified: 02 Mar 2023 03:19
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4983

Actions (login required)

View Item View Item