Model Decision Support System Berbasis Data Mining Optimasi Manajemen Perkerasan Jalan dengan Muatan Berlebih

Rifai, A.I and Hadiwardoyo, S. P. and Correia, A.G. (2018) Model Decision Support System Berbasis Data Mining Optimasi Manajemen Perkerasan Jalan dengan Muatan Berlebih. In: Jalan dan Model Pengembangan Infrastruktur Transportasi. Kuadran, Bandung, pp. 25-66.

[img]
Preview
Text
1. Model Decision Support System Berbasis Data Mining Optimasi Manajemen Perkerasan Jalan dengan Muatan Berlebih.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jaringan jalan nasional yang terdiri dari struktur jalan tradisional dan jalan modern memerlukan pemeliharaan yang terencana dan sesuai dengan kebutuhan. Terbatasnya pilihan jaringan jalan nasional yang tersedia dan terjadinya penyimpangan pembebanan jalan dengan muatan berlebih mendorong pemerintah untuk lebih tanggap dalam menjalankan manajemen pemeliharaan. Pemerintah sebagai penanggung jawab pemeliharaan jalan sering terkendala oleh terbatasnya anggaran yang tersedia. Disertasi ini bertujuan mengembangkan model decision support system (DSS) pemeliharaan perkerasan jalan dengan memanfaatkan ketersediaan pangkalan data pada sistem manajemen perkerasan jalan. Kinerja jalan diukur dengan nilai international roughness index (IRI) yang dipengaruhi oleh pavement distress, beban lalu lintas, dan kondisi awal perkerasan. Metode penelitian ini adalah melalui studi eksplorasi, yaitu melakukan kajian pustaka, pengambilan data dan pengamatan visual, dilanjutkan studi eksplanatori, yaitu melalui proses pengembangan model prediksi kinerja jalan, model optimasi, dan model DSS. Model yang dikembangkan berfungsi sebagai alat evaluasi pengambil keputusan bagi berbagai strategi pemeliharaan perkerasan jalan untuk meningkatkan efesiensi dan kinerja jalan. Implementasi model terhadap beberapa kasus hipotetikal dengan menggunakan algoritma dan script hasil pengembangan penelitian ini, memperlihatkan bahwa pendekatan data mining (DM) dengan algoritma support vector machine (SVM) dan artificial neural network (ANN), serta pendekatan multi obejective optimization (MOO) dengan genetic algorithm (GA) memberikan alternatif strategi pemeliharaan perkerasan jalan dengan muatan berlebih. Selain itu, konsep DSS yang dikembangkan dengan pendekatan geographical information system (GIS) mampu memberikan pendekatan yang lebih sederhana bagi pengambil keputusan di setiap tingkat untuk menjalankan manajemen pemeliharaan jalan secara komprehensif.

Item Type: Book Section
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: School of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
Depositing User: Inawati
Date Deposited: 21 Dec 2022 09:18
Last Modified: 21 Dec 2022 09:25
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4944

Actions (login required)

View Item View Item