Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Makanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Hotel Restoran di Kota Batam

Christ, Lidya (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Makanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Hotel Restoran di Kota Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1846035_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Hotel adalah sebuah bangunan yang menyediakan jasa penginapan serta pelayanan lain dimana dalam pelayanannya tentu mengutamakan kepuasan tamu agar loyal dan berkunjung kembali. Salah satu bentuk pelayanan yang disediakan adalah Hotel Restoran yang memberikan pelayanan berupa makan dan minum bagi tamu hotel maupun non-tamu hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor kualitas pelayanan, kualitas makanan dan harga memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Hotel Restoran di Kota Batam. Penelitian berikut menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana data penelitian yang akan diolah bersifat angka dan analisis statistik. Pengumpulan data penelitian bersumber dari masyarakat Kota Batam yang pernah melakukan kunjungan ke Hotel Restoran di Kota Batam. Dari jumlah populasi Kota Batam sebanyak 1.196.936 jiwa, terkumpul sebanyak 440 sampel menggunakan perhitungan Slovin atau Taro Yamane yang selanjutnya akan dilakukan pengujian sampel menggunakan program aplikasi SPSS IBM Versi 25. Menurut hasil pengujian yang telah dilakukan, didapatkan hasil yang menjelaskan bahwa kualitas pelayanan, kualitas makanan dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Hotel Restoran di Kota Batam. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah, data kuesioner yang diambil hanya berdasarkan pada publikasi BPS 2017 dan hanya terbatas pada Hotel Restoran di Kota Batam serta penyebaran kuesioner secara online kurang efisien karena tidak semua orang akan merespon kuesioner yang disebar dan mayoritas responden adalah anak usia muda dan dewasa. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Makanan, Harga, Loyalitas Pelanggan, Hotel Restoran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: School of Economic and Business > Tourism
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:38
Last Modified: 20 Dec 2022 06:38
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4903

Actions (login required)

View Item View Item