Pengaruh Dimensi-Dimensi Pengalaman Beharga Wisatawan terhadap Niat Mengunjungi Kembali ke Kota Batam

Febrianti, Febrianti (2022) Pengaruh Dimensi-Dimensi Pengalaman Beharga Wisatawan terhadap Niat Mengunjungi Kembali ke Kota Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1846048_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti efek dari dimensi Skala Memorable Tourism Experience (MTE) atau pengalaman wisatawan yang berkesan pada wisatawan domestic dan wisatawan mancanegara tentang niat berkunjung kembali ke destinasi wisata Kota Batam. Sebuah survei online 200 wisatawan telah mengunjungi Batam digunakan untuk analisis data dengan metoda penyebaran simple random sampling yaitu metoda yang mengikuti konsep perluasan sampel. Model persamaan struktural diterapkan untuk menyelidiki hubungan antara dimensi MTE dan niat berkunjung kembali wisatawan. Itu hasil menunjukkan bahwa empat dimensi MTE (Hedonisme, Novelti, Budaya Lokal, Penyegaran baru, Makna, Keterlibatan dan Pengetahuan) berpengaruh positif signifikan hubungan dengan niat berkunjung kembali wisatawan. Secara keseluruhan, penelitian ini berkontribusi pada literatur tentang kenangan pengalaman pariwisata dengan menawarkan bukti teoretis dan empiris tentang keterkaitan antar dimensi kenangan pengalaman pariwisata dan niat kunjungan kembali wisatawan. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method. Penelitian campuran (mixed methods) merupakan pendekatan baru dalam penelitian, meskipun beberapa peneliti menyatakan bahwa metode penelitian ini bukanlah merupakan pendekatan baru dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini memberikan saran untuk meningkatkan pariwisata yang berkesan pengalaman dan mendorong wisatawan untuk kembali ke Kota Batam. Penelitian selanjutnya harus mereplikasi penelitian dalam sampel yang beragam seperti wilayah geografis, peserta dengan motif perjalanan yang berbeda. Selain itu, penelitian selanjutnya harus mencakup atribut tujuan, karena Persepsi wisatawan tentang destinasi setelah perjalanan didasarkan pada pengalaman di tempat dan menentukan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Kata Kunci : Hedonisme, Novelti, Budaya Lokal, Penyegaran Baru, Makna, Keterlibatan, Pengetahuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: School of Economic and Business > Tourism
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:32
Last Modified: 02 Dec 2022 03:32
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4780

Actions (login required)

View Item View Item