Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Trust dan Pengaruhnya Terhadap Willingness to Pay a Premium Price pada Layanan Premium Online Streaming

Marbun, Yogi Juan Daniel (2022) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Trust dan Pengaruhnya Terhadap Willingness to Pay a Premium Price pada Layanan Premium Online Streaming. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1841058_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi trust dan pengaruhnya terhadap willingness to paya premium price pada layanan premium online streaming. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu service quality, service convenience, sophistication, product quality, dan brand image. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah trust dan willingness to pay a premium price. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini sebanyak 226 responden masyarakat di Kota Batam dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu menggunakan kriteria masyarakat yang menggunakan layanan premium online streaming yang dijadikan sebagai responden penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 26.0 untuk analisa demografi data responden dan uji Common Method Bias (CMB), serta software SmartPLS versi 3.0 untuk uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa service quality, product quality, dan brand image berpengaruh signifikan positif terhadaptrust. Service convenience dan sophistication tidak berpengaruh signifikan positif terhadap trust. Sedangkan trust berpengaruh signifikan positif terhadap willingness to pay a premium price. Berdasarkan hasil penelitian ini, terlihat pentingnya memberikan service quality, product quality, dan membangun brand image yang baik dalam menciptakan trust dari sebuah layanan premiumonline streaming agar menimbulkan willingness to paya premium price pada masyarakat di tengah ketatnya persaingan pasar. Kata Kunci: Brand Image, Premium Online Streaming, Trust, Willingness to Pay a Premium Price

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:55
Last Modified: 23 Nov 2022 02:55
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4709

Actions (login required)

View Item View Item