Customer's Actual Purchase Behavior Determinant Factors for Green Wrapping Product

Alvionita, Ranty (2022) Customer's Actual Purchase Behavior Determinant Factors for Green Wrapping Product. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1841188_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Volume sampah plastik semakin meningkat sejak era perkembangan industri. Banyak industri yang bergantung pada penggunaan plastik sebagai pembungkus atau kemasan yang pada akhirnya menjadi sumber pencemar. Pada tahun 2020 Indonesia menciptakan sampah sebanyak 67,8 juta ton. Sampah yang dihasilkan oleh masyarakat sekitar 17 persen sampah yang ada merupakan sampah plastik, urutan kedua setelah sampah makanan. Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), aktivitas rumah tangga di Indonesia memproduksi 37,3 persen sampah. Salah satunya adalah penggunaan produk rumah tangga seperti plastik pembungkus makanan yang didesain sebagai plastik sekali pakai, penggunaan plastik sekali pakai memang mudah dan efisien penggunaannya, tetapi sampah plastik yang rumit untuk didaur ulang. Penelitian ini difokuskan pada hubungan antara Sikap Pelanggan, Kepedulian Lingkungan dan Kepercayaan Merek Hijau terhadap Perilaku Pembelian Aktual melalui pengaruh mediasi Kesediaan untuk membayar masyarakat Indonesia yang merupakan konsumen produk ramah lingkungan. Convenience sampling diterapkan untuk mengumpulkan data. Melalui penyebaran kuesioner yang dirancang, berhasil mendapatkan sebanyak 278 data responden. Skala likert dari 1 sampai 5 digunakan untuk mengukur setiap indikator pada setiap variabel penelitian. Penelitian ini membuahi hasil yang menunjukkan bahwa Sikap Pelanggan, Kepedulian Lingkungan dan Kepercayaan Merek Hijau mempengaruhi secara positif terhadap Kesediaan untuk membayar dan Kesediaan untuk membayar secara positif mempengaruhi terhadap Perilaku Pembelian Aktual. Efek mediasi dari Kesediaan untuk membayar juga menunjukkan hubungan yang signifikan. Kata kunci: Sikap Pelanggan, Kepedulian Lingkungan, Kepercayaan Merek Hijau, Kesediaan untuk membayar, Perilaku Pembelian Aktual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 15 Nov 2022 09:09
Last Modified: 15 Nov 2022 09:09
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4671

Actions (login required)

View Item View Item