Analisa Pengaruh Environmental Awareness, Altruism, dan Health Consciousness Terhadap Green Apparel Purchase Intention

Wenny, Wenny (2022) Analisa Pengaruh Environmental Awareness, Altruism, dan Health Consciousness Terhadap Green Apparel Purchase Intention. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1841186_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Kerusakan lingkungan dan dampak negatifnya semakin dikenal di seluruh dunia. Konsumen menjadi semakin khawatir tentang dampak lingkungan dari pola konsumsi mereka, dan bisnis memperoleh keunggulan kompetitif dengan memanfaatkan kekhawatiran ini dengan memberikan produk dan merek ramah lingkungan. Untuk bersaing dengan fast fashion, bisnis yang sadar akan lingkungan harus terlebih dahulu menentukan faktor apa yang memengaruhi niat konsumen untuk membeli pakaian green fashion. Green fashion dibuat dari tekstil organik atau alami yang bebas pestisida, diwarnai tanpa sintetis, dan bebas pestisida. Tujuan penelitian adalah mengkaji faktor-faktor penentu keputusan masyarakat untuk membeli produk ramah lingkungan di Batam, Indonesia. Studi ini menggunakan sampel dari konsumen di Batam, Indonesia, yang secara pribadi telah mengalami konsumsi green fashion. Pengambilan sampel secara purposive sampling digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dari 278 responden melalui kuesioner yang dirancang. Skala pengukuran adalah skala 5 poin, dengan 1 menunjukkan ketidaksetujuan penuh dan 5 menunjukkan persetujuan yang kuat. Temuan mengungkapkan bahwa kesadaran lingkungan memiliki dampak yang menguntungkan pada altruisme pembeli yang berniat untuk membeli pakaian hijau. Altruisme memiliki pengaruh yang sama pada niat beli green fashion sebagai kesadaran lingkungan, dan altruisme memediasi pengaruh kesadaran lingkungan pada niat beli green fashion. Health consciousness tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap green apparel purchase intention. Kata kunci : Fast Fashion, Kesadaran Lingkungan, Kesadaran Kesehatan, Altruisme, Niat Membeli Pakaian Ramah Lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:08
Last Modified: 14 Nov 2022 03:08
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4667

Actions (login required)

View Item View Item