Rancang Bangun Aplikasi Mobile E-Paritta Suci Agama Buddha Menggunakan Framework Flutter dan Metode SDLC

Aprilianto, Charlie (2022) Rancang Bangun Aplikasi Mobile E-Paritta Suci Agama Buddha Menggunakan Framework Flutter dan Metode SDLC. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1831075_FF.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membawa dampak kepada semua jenis aktivitas, salah satunya adalah aktivitas umat beragama di Indonesia. Agama Buddha merupakan agama yang ditemukan di India, secara umum agama Buddha dibagi menjadi 3 ajaran utama yaitu Buddha, Dhamma, dan Sangha. Praktek beribadah menggunakan Paritta adalah suatu kegiatan yang dirokemendasikan oleh sang Buddha, tapi karena pandemi Covid-19 banyak umat beragama buddha tidak dapat ke vihara dan Paritta merupakan salah satu barang yang disediakan oleh pihak vihara. Masalah yang terjadi diantara para umat beragama buddha adalah tidak adanya akses ke Paritta dan tidak menghafal Paritta karena menggunakan bahasa Pali. Namun, solusi dari masalah ini adalah sesuatu yang sederhana berupa digitalisasi. Paritta dapat diubah menjadi sebuah aplikasi mobile untuk membantu para umat agama buddha dalam mengakses Paritta. Dalam studi ini, penulis sudah mendesain sebuah aplikasi mobile untuk Paritta menjadi E-Paritta menggunakan framework Flutter dan SDLC Method. Penulis ingin mengembangkan sebuah aplikasi mobile yang mempunyai desain intuitif, workflow yang sederhana, dan lancar. Dengan mendesain dan mengembangkan aplikasi mobile ini, penulis ingin membantu orang yang tidak mempunyai akses ke Paritta di lingkungan mereka. Kata kunci: Aplikasi Mobile, Paritta, Buddha, Flutter Framework

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > Information technology
Divisions: School of Computer Science > Information System
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 09 Nov 2022 08:51
Last Modified: 09 Nov 2022 08:51
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4647

Actions (login required)

View Item View Item