Analisis Berbagai Faktor yang Mempengaruh Keputusan Pembelian Konsumer di E-Commerce

Julinda, Julinda (2022) Analisis Berbagai Faktor yang Mempengaruh Keputusan Pembelian Konsumer di E-Commerce. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img]
Preview
Text
1841131_FF.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Beberapa tahun belakangan ini, perkembangan teknologi yang cepat menimbulkan tuntutan kepada penjual dan pembeli untuk melakukan kegiatan jual beli melalui online salah satunya yaitu e-commerce. E-commerce di indonesia mengalami pertumbuhan atau perkembangan yang sangat pesat dan menjadikan e-comerce sabagai salah satu penggerak utama dalam perekonomian digital yang ada di Indonesia.Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian di e-commerce pada masyarakat Batam. Sampel dalam penelitian ini merupakan masyarakat yang berlokasikan di batam dengan usia 15 – 45 tahun dan pernah berbelanja melalui e-commerce berjumlah 240 orang. Pengujian data menggunakan aplikasi SmartPLS yang diuji dengan 2 cara yaitu outer model (Measurement Model) dan inner model (structual model). Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa faktor ease of use berpengaruh tidak signifikan terhadap trust sedangkan faktor Usefulness, Perceived Value dan Familiarity berpengaruh signifikan terhadap trust. Hasil pengujian juga menyatakan bahwa bahwa trust berpengaruh siginifikan terhadap purchase intention. Kata Kunci: E-Commerce, Faktor, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > Business
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 15 Oct 2022 07:26
Last Modified: 15 Oct 2022 07:26
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4552

Actions (login required)

View Item View Item