Pengaruh Persepsi Kualitas dan Kehadiran Sosial terhadap Niat Beli Konsumen pada Aplikasi E-Commerce Shopee di Kota Batam melalui Kepercayaan Konsumen sebagai Variabel Intervening

Justine, Ellen (2022) Pengaruh Persepsi Kualitas dan Kehadiran Sosial terhadap Niat Beli Konsumen pada Aplikasi E-Commerce Shopee di Kota Batam melalui Kepercayaan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1841024_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Shopee merupakan salah satu marketplace (perusahaan industri yang berbasis industri IT dan telekomunikasi) yang terbesar dan sedang berkembang pesat di Indonesia. Berdasarkan dari data yang dihimpun iPrice, total pengunjung Shopee pada kuartal kedua tahun 2021 mencapai 126.997.900 kunjungan rata-rata bulanan, yang menunjukkan adanya potensi dalam penggunaaan e-commerce Shopee. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih lanjut mengenai bagaimana persepsi kualitas dan kehadiran sosial mempengaruhi niat beli konsumen di Shopee, Batam, dengan menggunakan kepercayaan sebagai variabel intervensi. Metode pengambilan sampel "non-probabilitas" yang dikombinasikan dengan teknik "purposive sampling" menghasilkan 158 responden untuk survei ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat kota Batam yang pernah belanja lewat aplikasi marketplace Shopee melalui google-form. Structural Equation Modelling digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Survei ini menggunakan data uji SPSS dan Smart PLS versi 3.2.9. Dari hasil uji disimpulkan bahwa persepsi kualitas, kehadiran sosial, dan kepercayaan berpengaruh langsung terhadap niat beli. Persepsi kualitas dan kehadiran secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap niat beli. Kata kunci: Shopee, Niat Beli, Persepsi Kualitas, Kehadiran Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > Business
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 01 Oct 2022 06:31
Last Modified: 04 Oct 2022 10:08
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4480

Actions (login required)

View Item View Item