Analisis Pengaruh Brand Image, Trust, Security, Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use Terhadap Adoption Intention Fintech Di Kota Batam

Farida, Farida (2022) Analisis Pengaruh Brand Image, Trust, Security, Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use Terhadap Adoption Intention Fintech Di Kota Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1741156_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Fintech atau financial technology ialah inovasi dalam bidang jasa keuangan yang menerapkan teknologi untuk mempermudah dan mempercepat layanan keuangan. Berdasarkan data Bank Indonesia yang menunjukkan adanya peningkatan penggunaan uang elektronik sebesar Rp 17,23 triliun dengan volume 386,7 juta transaksi pada Agustus 2020 dibanding Juli 2020 yang hanya mencatat 381,5 juta transaksi senilai Rp 16,09 triliun, yang menunjukkan adanya potensi dalam penggunaan fintech. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, trust, security, perceived usefulness, dan perceived ease of use terhadap adoption intention fintech di Kota Batam. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei penyebaran kuesioner kepada 150 responden yang merupakan pengguna layanan fintech di mall Kota Batam. Kemudian data yang diperoleh diuji dengan SPSS versi 25. Dari hasil uji, disimpulkan brand image dan trust tidak berpengaruh terhadap niat adopsi fintech, sedangkan security, perceived usefulness, perceived ease of use berpengaruh postif terhadap adoption intention fintech. Kata Kunci: Fintech, adoption intention, brand image, trust, security, perceived usefulness, perceived ease of use

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Inawati
Date Deposited: 11 Apr 2022 09:55
Last Modified: 11 Apr 2022 09:55
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4192

Actions (login required)

View Item View Item