Analisis Pengaruh Persaingan dan Kekuatan Pasar Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI

Mahmudah, Siti (2021) Analisis Pengaruh Persaingan dan Kekuatan Pasar Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1742188_FF.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persaingan pasar dan kekuatan pasar terhadap manajemen laba pada perusahaan yang terdaftar di BEI. Persaingan pasar adalah persaingan penjualan antara perusahaan untuk mendapatkan laba. Sedangkan, kekuatan pasar adalah ukuran tingkat perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan eksternal. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah persaingan dan kekuatan pasar sebagai variabel independen. Variabel kontrol dalam penelitian ini adalah tingkat pertumbuhan, book to market ratio, leverage dan firm size. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 1.839 data perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2015 hingga 2019. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan dengan kekuatan pasar yang rendah dan menghadapi persaingan pasar yang ketat lebih cenderung terlibat dalam manejemen laba. Kekuatan pasar menunjukkan hasil yang signifikan daripada persaingan pasar terhadap manajemen laba. Kata kunci: Manajemen laba, discretionary accruals, kekuatan pasar, persaingan pasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: School of Economic and Business > Accounting
Depositing User: Inawati
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:55
Last Modified: 09 Aug 2021 07:55
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/3702

Actions (login required)

View Item View Item