Analisa Pengaruh Destination Image dan Motivation Terhadap Tourist Loyalty Dengan Perceived Value dan Tourist Satisfaction Sebagai Mediasi di Kota Batam

Patricia, Evelyn (2021) Analisa Pengaruh Destination Image dan Motivation Terhadap Tourist Loyalty Dengan Perceived Value dan Tourist Satisfaction Sebagai Mediasi di Kota Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1741252_FF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisa pengaruh citra destinasi dan motivasi terhadap loyalitas turis di Kota Batam dengan menggunakan nilai yang dirasakan dan kepuasan turis sebagai mediasi. . Citra destinasi dibentuk terutama oleh atribut lingkungan yang menjadi ciri lokasi wisata. Dengan demikian, citra destinasi merupakan faktor pengaruh penting dalam pemilihan destinasi wisata. Industri pariwisata telah melakukan upaya besar untuk memberikan nilai kepada wisatawan, berharap itu mereka akan memiliki pengalaman yang tak terlupakan, dan keinginan untuk mengunjungi kembali dan merekomendasikan tujuan. Objek yang menjadi bagian dari penelitian ini adalah wisatawan local yang pernah mengunjungi Kota Batam dikarenakan adanya program pemerintah untuk memulihkan pariwisata yang terkena dampak pandemi Covid-19. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah citra destinasi (kognitif, afektif, dan unik) dan motivasi. Variabel intervening yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai yang dirasakan dan kepuasan wisatawan. Dan yang terakhir, variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah loyalitas wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan total 331 responden dan datanya diolah dengan menggunakan aplikasi pengolah data PLS SEM. Hasilnya mengindikasikan bahwa citra destinasi dan motivasi yang dimediasi oleh nilai yang dirasakan dan kepuasan turis memiliki pengaruh yang bersignifikan positif terhadap loyalitas turis. Kata Kunci: Citra destinasi, Motivasi, loyalitas turis, kepuasan turis, nilai yang dirasakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Julfitri
Date Deposited: 14 Jun 2021 04:46
Last Modified: 14 Jun 2021 04:46
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/3489

Actions (login required)

View Item View Item