Penerapan Chatbot Pengecekan Stok Barang pada Aplikasi Whatsapp Menggunakan Metode Natural Language Processing (Studi Kasus: Toko Maju Jaya)

Andrian, Andrian (2021) Penerapan Chatbot Pengecekan Stok Barang pada Aplikasi Whatsapp Menggunakan Metode Natural Language Processing (Studi Kasus: Toko Maju Jaya). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1731008_FF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di era Globalisasi ini, UMKM sebagai salah satu penopang perekonomian Indonesia memiliki beberapa kendala baru. Salah satunya adalah Toko Maju Jaya yang bergerak di bidang Industri Material Bangunan. Seiring berkembangnya zaman, pelanggan menjadi bertambah banyak sehingga dibutuhkan penambahan sumber daya untuk melayani pelanggan yang tidak hanya ingin membeli, namun juga ingin bertanya tentang produk yang dimiliki Toko Maju Jaya sebagai UMKM. Sumber Daya Manusia yang dimiliki Toko Maju Jaya relatif minim jika dibandingkan dengan permintaan yang terus bertambah. Melihat masalah ini penulis merasa Order Management System (Order Management System) dan chatbot terintegerasi dapat menjadi solusi bagi Toko Maju Jaya. Order Management System adalah sebuah sistem yang yang secara spesifik dapat menggantikan pengelolaan pesanan dan juga pendokumentasian yang baik untuk fungsi-fungsi spesifik. Kemudian chatbot sendiri adalah media yang memungkikan pelanggan pelanggan berkomunikasi dengan Toko Maju Jaya tanpa menambah Sumber Daya Manusia Baru. Dalam kasus ini, chatbot yang diambil adalah menggunakan platform messenger dari Whatsapp yaitu. Untuk membantu pelanggan, chatbot yang penulis gunakan diintegrasikan dengan platform NLP (Natural Language Processing). Platform NLP yang dipilih adalah API. AI yang akan memproses pemahaman terhadap setiap pertanyaan yang diberikan oleh pelanggan. Pertanyaan ini nanti akan dipetakan menjadi intent atau maksud yang menadi bagian dari logika terstruktur dalam percakapan. Nantinya keseluruhan system ini akan menangani percakapan terkait pesanan dan pemeriksaan pesanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Chatbot yang dibuat mampu untuk memenuhi kebutuhan percakapan terkait pesanan dan pemeriksaan pesanan dengan tingkat akurasi yang tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > Information technology
Divisions: School of Computer Science > Information System
Depositing User: Julfitri
Date Deposited: 02 Jun 2021 08:50
Last Modified: 02 Jun 2021 08:50
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/3418

Actions (login required)

View Item View Item