Analisis Optimasi Waktu Sandar Kapal Untuk Meningkatkan Kinerja Pelabuhan (Studi Kasus: Pelabuhan Penyeberangan Telaga Punggur – Tanjung Uban)

Rohana, Novia Siti (2021) Analisis Optimasi Waktu Sandar Kapal Untuk Meningkatkan Kinerja Pelabuhan (Studi Kasus: Pelabuhan Penyeberangan Telaga Punggur – Tanjung Uban). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1711046_FF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada saat ini sektor transportasi sangat berperan penting pada berbagai aspek seperti sosial, ekonomi, budaya dan keamanan. Oleh sebab itu harus dilaksanakan secara tertib dan terpadu. Provinsi Kepulauan Riau merupakan provinsi yang mengandalkan transportasi laut sebagai moda transportasi yang dominan digunakan untuk mendukung aktivitas masyarakat. Salah satu pelabuhan yang digunakan yaitu pelabuhan penyeberangan Telaga Punggur dan Tanjung Uban. Adapun masalah-masalah yang akan diteliti yaitu penanganan sistem pelayanan angkutan penyeberangan dengan cara meminimalisir waktu sandar kapal serta penanganan jika terjadi instabilitas angkutan penyeberangan. Penelitian ini dilaksanakan di Pelabuhan Penyeberangan ASDP Punggur dengan rute Telaga Punggur – Tanjung Uban. Data yang digunakan dalam skripsi ini yaitu data primer seperti jumlah muatan keberangkatan kapal, jumlah penumpang dan kendaraan, jumlah keberangkatan kapal, jumlah muatan, jumlah antrian kapal, dan jumlah kapal yang beroperasi. Sedangkan data sekunder yang digunakan yaitu data produksi angkutan dan layout pelabuhan. Kemudian untuk perhitungan dan analisis data maka digunakan Metode Pemrogaman Linier (PL) dengan algoritma Metode Simplex Tabel. Dari hasil penelitian maka didapatkan waktu optimum sandar kapal yaitu 52,5 menit yang ditunjukkan pada variabel P (fungsi tujuan) dengan safety factor pelayanan dermaga (Y) sebesar 7 menit dan safety factor faktor alam (Z) sebesar 2,5 menit. Sedangkan skema baru yang dapat digunakan untuk mengatur arus penyeberangan dimulai dari olah gerak selama 0 menit, penambatan selama 3,5 menit, bongkar muatan selama 3,5 menit, muat selama 6,7 menit, pengurusan SIB selama 0 menit hingga kapal lepas sandar selama 2,5 menit. Terakhir yaitu pengaturan discharge cargo dapat dilakukan mulai dari pembagian jenis muatan, perencanaan pemadatan muatan, penyusunan muatan, berlayar, hingga bongkar muatan di pelabuhan tujuan. Kata Kunci: Optimasi, Waktu Sandar, Simplex Tabel, Pemrograman Linier

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: School of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
Depositing User: Julfitri
Date Deposited: 29 Apr 2021 08:11
Last Modified: 29 Apr 2021 08:11
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/3391

Actions (login required)

View Item View Item