Optimalisasi Anggaran Biaya Proyek dengan Metode Crashing pada Proyek Rehabilitasi Jalan Lingkungan Kawasan Rusun Tanjung Uncang

Noviani, Chintia (2021) Optimalisasi Anggaran Biaya Proyek dengan Metode Crashing pada Proyek Rehabilitasi Jalan Lingkungan Kawasan Rusun Tanjung Uncang. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1711053_FF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Biaya dan waktu merupakan salah satu faktor yang mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap jalannya sebuah proyek konstruksi. Semakin lama proyek berjalan maka biaya proyek dapat menjadi lebih besar atau melebihi dari perencanaan biaya yang telah dihitung sebelum proyek dijalankan atau biasa yang disebut dengan RAB. Sehingga salah satu cara untuk dapat mengoptimalisasi anggaran biaya dari sebuah proyek yaitu dengan metode crashing. Dimana metode ini merupakan metode untuk dapat mempercepat durasi penyelesaian dari suatu proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak biaya yang dapat teroptimalisasi dengan metode crashing. Dimana pada penelitian ini akan menggunakan 2 cara untuk dapat mempercepat durasi penyelesaian dari proyek rehabilitasi jalan ini. Kedua cara yang dimaksud adalah penambahan jam kerja dari tenaga kerja selama 2 jam dan juga menambah jumlah tenaga kerja sebesar 20% dari jumlah tenaga kerja normal. Hasil yang didapatkan setelah dilakukan analisa dengan kedua cara tersebut adalah dengan cara menambah jam kerja dari tenaga kerja selama 2 jam maka total biaya proyek meningkat menjadi Rp. 1,783,310,903.25 atau naik sebesar Rp. 35,571,903.25. Sedangkan dengan cara menambah jumlah tenaga kerja sebesar 20% dari jumlah tenaga kerja normal biaya akan menurun sebeasar Rp. 4,760,410.67 sehingga biaya total proyek hanya sebesar Rp. 1,742,978,589.33. Jika dilihat dari durasi waktu penyelesaian dari proyek tersebut, dengan cara menambah jam kerja dari tenaga kerja proyek akan lebih cepat selesai dibandingkan dengan menambah jumlah tenaga kerja. Durasi penyelesaian dengan cara menambah jam kerja akan dapat dipercepat 17 hari dari durasi normal proyek sehingga durasi proyek hanya selama 73 hari sedangkan dengan cara menambah jumlah tenaga kerja durasi proyek hanya dapat dipercepat 13 hari. Kata kunci: tenaga kerja, biaya, durasi penyelesaian, metode percepatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: School of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
Depositing User: Julfitri
Date Deposited: 29 Apr 2021 07:02
Last Modified: 29 Apr 2021 07:02
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/3379

Actions (login required)

View Item View Item