Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Umkm Bidang Gadget di Batam Dalam Mengadopsi E-Commerce

Costa, Juan Eka (2020) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Umkm Bidang Gadget di Batam Dalam Mengadopsi E-Commerce. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img]
Preview
Text
s-1641159-cover.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text
s-1641159-chapter1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
s-1641159-chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
s-1641159-chapter3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
s-1641159-chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
s-1641159-chapter5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
s-1641159-bibliography.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jumlah UMKM yang saat ini masih belum mengguakan e-commerce di Indonesia masih sangat tinggi. Banyak UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Batam adalah berkategorikan UMKM dibidang elektronik terutama gadget. Indonesia juga merupakan negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia sehingga UMKM dapat menjangkau calon konsumen secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat niat UMKM yang belum mengadopsi e-commerce dengan menggunakan metode theory of planned behavioral untuk memprediksi sikap terhadap niat UMKM dalam mengadopsi e-commerce. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantiatif, pengumpulan sample dan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner ke berbagai toko gadget elektronik di Batam dengan jumlah sampel sebanyak 210 orang. Peneliti menggunakan IMB SPSS statistic 23.0 sebagai alat untuk menganalisis demografi responden dan menggunakan smart PLS 3.0 sebagai alat untuk menganalisis data umum responden. Hampir semua variabel memberikan dampak terhadap niat UMKM untuk menggunakan e-commerce, yaitu variabel pendorong, penghalang, sikap, dan norma subjektif berpengaruh langsung terhadap niat. Variabel yang signifikan adalah variabel pendorong, penghalang, sikap, norma subjektif dan variabel yang tidak signifikan adalah persepsi kontrol. Variabel persepsi kontrol tidak signifikan dikarenakan UMKM memiliki keterbatasan dan tidak memiliki kontrol di dalam proses. Peneliti menggunakan variabel tersebut untuk memprediksi niat UMKM dalam menggunakan e-commerce ke dalam usaha mereka.--------------------------------------------The number of MSMEs that are currently not using e-commerce in Indonesia is still very high. Many UMKM (Micro, Small and Medium Enterprises) in Batam are categorized as UMKM in the field of electronics, especially gadgets. Indonesia is also the country with the most internet users in the world so that MSMEs can reach a wide range of potential consumers. This study aims to see the intention of MSMEs that have not adopted e-commerce by using the theory of planned behavioral methods to predict attitudes towards the intention of MSMEs in adopting e-commerce. This study belongs to the quantitative research, namely collecting samples and data by distributing questionnaires to various electronic gadget shops in Batam with sample number in total of 210 people. The author used the SPSS 23.0 IMB statistic as a tool to analyze respondents' demographics and used smart PLS 3.0 as a tool to analyze respondents' general data. Nearly all variabels have an impact on MSME intentions to use e-commerce, namely the driving variabels, barriers, attitudes, and subjective norms directly influence intention. A significant variabel is the drivers, barrier, attitude, subjective norm and variabel insignificant is the perceived behavioral control. Perceived behavioral control is not significant because MSME have limitaions and do not have control in the process. Author used these variabels to predict MSME intentions in using e-commerce into their businesses.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-commerce, theory of planned behavioral, intention
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Herlina Gultom
Date Deposited: 20 Jan 2021 09:45
Last Modified: 20 Jan 2021 09:45
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/3330

Actions (login required)

View Item View Item