Analisis Kebutuhan Fasilitas Penyeberangan Jalan (Studi Kasus Jalan Jend. A. Yani Kawasan Industri Mukakuning)

Huda, Syaiful (2009) Analisis Kebutuhan Fasilitas Penyeberangan Jalan (Studi Kasus Jalan Jend. A. Yani Kawasan Industri Mukakuning). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img]
Preview
Text
S-0511004-abstract_idp.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
S-0511004-bibliographyp.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
S-0511004-chapter1p.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
S-0511004-chapter2p.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text
S-0511004-chapter3p.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
S-0511004-chapter4p.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img]
Preview
Text
S-0511004-chapter5p.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
S-0511004-cover_idp.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
S-0511004-table_of_contentsp.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Jalan Jend. A. Yani pada kawasan industri mukakuning merupakan salah satu jalan di Batam yang mempunyai tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi. Hal ini dikarenakan jalan tersebut merupakan penghubung antara Batam Centre / Nagoya yaitu pusat pemerintahan dan perniagaan dengan Batu Aji yaitu kawasan pemukiman padat penduduk. Padatnya arus pejalan kaki yang menyeberang pada jalan tersebut sangat mengganggu lalu lintas yang ada. Situasi tersebut sangat rawan terjadi kecelakaan terutama bagi pejalan kaki yang berada pada posisi yang lemah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui karakteristik penyeberangan jalan, mengetahui karakteristik arus lalu lintas (kecepatan, kepadatan, headway, gap distance dan jam puncak) dan mengetahui fasilitas yang harus disediakan di kawasan batamindo. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah pencatatan langsung terhadap pejalan kaki yang menyeberang jalan, waktu tunggu penyeberang jalan, volume kendaraan, kecepatan kendaraan, headway dan gap distance. Penelitian dilakukan pada hari minggu dan senin dari jam 07.00 s/d 19.00. Baik survey pejalan kaki maupun survey lalulintas digunakan interval waktu 15 menit. Pengamatan dilakukan dengan metode vantage point yaitu pada tempat yang mempunyai tingkat pergerakan penyeberang jalan yang tinggi, dimana lokasi pengamatan dilakukan pada dua tempat. Penelitian ini menunjukan bahwa Volume rata-rata penyeberang jalan yang cukup tinggi dan waktu tunggu rata-rata penyeberang jalan yang lama yaitu arah ke Panbill Mall selama 21,91 detik dan arah ke Plaza Batamindo selama 25,56 detik. Kecepatan kendaraan mengalami penurunan yaitu dibawah kecepatan normal 60 km/jam. Headway dan Gap Distance mempunyai rata-rata diatas 20 m. Derajat kejenuhan pada jalan masih dibawah 0,75 jadi kapasitas jalan masih memenuhi. Kemacetan hanya terjadi pada jam puncak hari Senin dengan derajat kejenuhan 1,02. Dari hasil analisa, fasilitas yang disediakan adalah jembatan penyeberangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penyeberangan Jalan, Arus Lalulintas, Fasilitas Penyeberangan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: School of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Apr 2017 08:41
Last Modified: 04 Apr 2017 08:41
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item View Item