Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi pada FJ COM

Veronica, Veronica (2020) Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi pada FJ COM. Project Report. Universitas Internasional Batam. (Submitted)

[img]
Preview
Text
k-1642145-abstract-en.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
k-1642145-abstract-id.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
k-1642145-bibliography.pdf

Download (286B)
[img]
Preview
Text
k-1642145-chapter1.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
k-1642145-chapter2.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
k-1642145-chapter3.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
k-1642145-chapter4.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
k-1642145-chapter5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
k-1642145-chapter6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
k-1642145-chapter7.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
k-1642145-cover-id.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Kerja praktik ini dilaksanakan pada FJ COM di DC Mall Batam yang merupakan satu diantara ribuan usaha kecil mengengah lainnya di kota Batam. Selama bertahun-tahun FJ COM telah mengalami banyak kendala sejak pertama kali FJ COM beroperasi, salah satu kendala utama ialah tidak tersedianya sistem pencatatan akuntansi andal dimana dapat menyajikan laporan keuangan akurat yang mencerminkan kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya dikarenakan transaksi keuangan perusahaan sehari-hari masih dicatat secara manual yang masih kurang akurat. Laporan keuangan merupakan bagian yang krusial dalam pengambilan keputusan usaha untuk ekspansi usaha lebih lanjut, maka dengan begitu sebuah sistem pencatatan informasi akuntansi sangat dibutuhkan. Kerja praktik ini dimulai pada tanggal 31 Juli 2019 hingga 29 November 2019 setelah dilakukannya proses pendekatan secara stimulasi dengan cara observasi, kemudian wawancara, dan perancangan sistem. Pelaksanaan kerja praktik ini menghasilkan suatu sistem pencatatan akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan FJ COM dimana penggunaan sistem ini sangat sederhana dengan fungsi untuk melakukan pencatatan akuntansi hingga penyajian laporan keuangan secara otomatis. Tampilan sistem yang sederhana ini dirancang atas tujuan untuk memaksimalkan pengalaman pengguna dalam menggunakan fitur-fitur sistem yang tersedia seperti formulir yang dirancang untuk diisi selama proses pencatatan akuntansi yang akan secara otomatis mengolah transaksi tersebut menjadi laporan keuangan perusahaan. Setelah sistem akuntansi selesai diimplementasi, perusahaan dapat merasakan manfaat dari hasil implementasi tersebut seperti merasakan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan pencatatan akuntansi atas transaksi-transaksi usaha yang sebelumnya sangat memakan waktu kini dapat terselesaikan secara lebih efektif dan efisien. Perusahaan juga kini dapat mengetahui jumlah persediaan barang dagangan secara real time dan pengontrolan persediaan barang dagangan dapat dilaksanakan lebih mudah daripada sebelummnya. ********************************************************************** This internship takes place in FJ COM DC Mall Batam whch is one of thousands small medium enterprises in the city. Over the years FJ COM has been facing some difficulties since its maiden operation, one of the main problem was the unavailability of a reliably accounting recording system to provide an accurate financial reports that reflects the entity’s actual financial situation because its daily financial transactions were recorded manually inaccurately. Financial reports take a crucial part of decision making for the entity in further expansion, hence an accounting recording information system is needed. This internship starts from July 31st 2019 till 29th November 2019 after the process of stimulate approach by observating, interviewing and designing the system. The output of this internship is an user friendly accounting system that provides accounting recording and financial reports automatically based on what FJ COM needs. The user friendly design was made with the purpose to maximize user experience of using the system fitures such as forms that will be filled during the accounting recording process that will automatically generate and produce entity’s financial reports. After the implementation of the accounting system, the entity can feel the positive impact from it such as giving convenient to the user for recording the transactions that used to be time consuming before which now can be done effectively and efficiently. Besides recording the transaction became more effective and efficient. The entity now can find out the number of inventory in real time and controlling the inventory is becoming easier than before.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Similarity: 22
Uncontrolled Keywords: Internship, design, accounting system, inventory, accounting record
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: School of Economic and Business > Management
SWORD Depositor: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Depositing User: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Date Deposited: 30 Apr 2020 02:59
Last Modified: 30 Apr 2020 03:14
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/2601

Actions (login required)

View Item View Item