Perancangan Video Animasi 2D sebagai Pengenalan Riwayat Hidup Buddha Gautama dalam Augmented Reality Berbasis Android

Suwardi, Suwardi (2019) Perancangan Video Animasi 2D sebagai Pengenalan Riwayat Hidup Buddha Gautama dalam Augmented Reality Berbasis Android. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
s-1531071-abstract-en.pdf

Download (177kB)
[img] Text
s-1531071-abstract-id.pdf

Download (35kB)
[img] Text
s-1531071-bibliography.pdf

Download (148kB)
[img] Text
s-1531071-chapter1.pdf

Download (220kB)
[img] Text
s-1531071-chapter2.pdf

Download (453kB)
[img] Text
s-1531071-chapter5.pdf

Download (115kB)
[img] Text
s-1531071-cover-id.pdf

Download (19kB)

Abstract

Animasi merupakan suatu rangkaian gambar yang ditampilkan pada lini masa tertentu hingga membentuk asosiasi gambar yang bergerak aktif. Pemanfaatan animasi sendiri memiliki fungsi untuk membantu individu memahami materi yang abstrak menjadi lebih konkret sehingga lebih menarik perhatian pirsawan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan kepada pirsawan tentang pengenalan riyawat hidup Buddha Gautama dengan video animasi 2D yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality agar informasi yang diterima dan bisa dipahami audiensi dengan baik. Metode pengembangan yang digunakan oleh penulis adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Penelitian ini membentuk sebuah video animasi 2D sebagai media pembelajaran tentang riwayat hidup Buddha Gautama dalam bentuk Augmented Reality video yang berbasis Android. Penulis memakai aplikasi Adobe Animate CC 2017, Adobe Photoshop CS6, Adobe Premiere Pro CS6, Text to Speech, Unity, dan Vuforia pada proses pengembangannya. Hasil dari pengujian penelitian berikut menunjukkan bahwa video animasi 2D yang telah diproduksi dapat meningkatkan pengetahuan umat Buddha tentang riwayat hidup Buddha Gautama. ********************************************************************** Animation is a series of successive drawings shown in a certain range of timeline forming association of images to produce illusion of movement when played as a sequence. The use of animation itself has function to assist individual in comprehending abstract material to be more concrete with aim to improve attentiveness. Research conducted came with a purpose to show the audience Buddha Gautama's biography through 2D animated video using Augmented Reality technology thus the information can be better comprehended by audiens. Method used by the writer for this development is MDLC (Multimedia Development Life Cycle). The research is intended to make use of 2D animated video as medium of education concerning Buddha Gautama's life in a form of Android based Augmented Reality video. As for the process of development, the writer used softwares such as Adobe Animate CC 2017, Adobe Photoshop CS6, Adobe Premiere Pro CS6, Text to Speech, Unity and Vuforia. Test results concluded that the produced 2D animated video is adequate to improve the comprehension of Buddhists about Buddha Gautama's life.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Similarity: 22
Uncontrolled Keywords: 2D Animated Video, Augmented Reality Video, Buddha Gautama’s Life, Android.
Subjects: T Technology > Information technology
Divisions: School of Computer Science > Information System
SWORD Depositor: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Depositing User: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Date Deposited: 21 Oct 2019 09:38
Last Modified: 21 Oct 2019 09:38
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/1897

Actions (login required)

View Item View Item