Analisis Pengaruh Emotional Intelligence, Customer Orientation dan Citizenship Behaviour terhadap Kinerja Organisasi pada Bank Perkreditan Rakyat di Kota Batam

Audina, Sellen (2019) Analisis Pengaruh Emotional Intelligence, Customer Orientation dan Citizenship Behaviour terhadap Kinerja Organisasi pada Bank Perkreditan Rakyat di Kota Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
s-1541152-abstract-en.pdf

Download (1MB)
[img] Text
s-1541152-abstract-id.pdf

Download (1MB)
[img] Text
s-1541152-bibliography.pdf

Download (1MB)
[img] Text
s-1541152-chapter1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
s-1541152-chapter2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
s-1541152-chapter5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
s-1541152-cover-id.pdf

Download (76kB)

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel customer oriantation, emotional intelligence, citizenship behaviour terhadap organizational performance. Seorang penjual perlu mengetahui dan memahami orientasi konsumen serta memiliki kecerdasan emosional yang baik saat bekerja dan kecerdasan emosional yang baik pula dibutuhkan dari karyawan salespeople maupun back-office karena akan berpengaruh pada kinerja organisasi. Penelitian ini diterapkan dengan metode survey yaitu dengan membagikan kuesioner kepada 255 responden. Responden yang dijadikan sampel adalah karyawan dari kelima besar Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dengan aset tertinggi di kota Batam, diantaranya adalah BPR Dana Nusantara, BPR Sejahtera Batam, BPR Dana Makmur, BPR Banda Raya serta BPR Barelang Mandiri. Teknik yang digunakan oleh penulis adalah purposive sampling yaitu suatu teknik untuk menentukan sampel dengan memakai cara penyeleksian seacra khusus sehingga sampel tersebut secara layak dapat digunakan untuk pengolahan (Sugiyono,2010). Setelah dikumpulkan hasil responden, kemudian dilakukan oleh penulis pengujian data dengan memakai perangkat lunak PLS. dari hasil PLS yang penulis gunakan dapat disimpulkan bahwa adanya hubuhngan yang signifikan maupun tidak dari beberapa variable yang penulis teliti. Hasil penelitian ini mengajarkan kita bahwa pentingnya bagi suatu perusahaan untuk memperhatikan kecerdasan emosional dari pekerja baik dari karyawan front liner maupun karyawan back office dikarenakan buruknya kecerdasan emosional dari karyawan tersebut dapat menentukan apakah karyawan tersebut mampu bertahan dalam situasi tertentu serta akan mempengaruhi kinerja dari suatu organisasi. Kata Kunci : kecerdasan emosional, kinerja Organisasi, perilaku kewargaan, orientasi pelanggan ********************************************************************** This study is aimed to determine the effect of variable customer orientation, emotional intelligence, and citizenship behaviour of employees on organizational performance. A salespeople need to know and understand customer orientation and have a good emotional intelligence when working, and good emotional intelligence is also needed from back-office employees because it will affect on organizational performance. This study was conducted with survey method by distributing questionnaires to 255 respondents. Respondents are emmployees of the top five Bank Perkreditan Rakyat with the highest assets in Batam city, namely BPR Dana Nusantara, BPR Sejahtera, BPR Dana Makmur, BPR Banda Raya and BPR Barelang Mandiri. The technique used is purposive sampling, namely the technique of determining the sample with special consideration so that it is feasible to be sampled (Sugiyono, 2010). After the results of the respondents were collected, then data was tested by the author using PLS, from the results of the PLS, it is known that there are relationships between some of the variables examined. The results of this study emphasize the importance for a company to pay more attention to the emotional intelligence of workers both from front liner employees and back office employees because the poor emotional intelligence of the employee can determine whether the employee is able to survive in certain situations and will affect the performance of an organization. Keywords : Emotional intelligence, organizational performance, citizenship behaviour, customer orientation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Similarity: 24
Uncontrolled Keywords: Keywords : Emotional intelligence, organizational performance, citizenship behaviour, customer orientation
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > Business > Personnel management. Employment management
Divisions: School of Economic and Business > Accounting
SWORD Depositor: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Depositing User: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Date Deposited: 18 Oct 2019 09:53
Last Modified: 18 Oct 2019 09:54
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item